Kuliah Umum: Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, “Global Trend, Daya Saing dan Generasi 2045”

Hari Rabu, 19 Oktober 2016, Program Studi S1 Teknik Elektro, S2 Magister Teknik Elektro dan S1 Teknik Komputer, Jurusan Teknik Elektro dan Komputer, Fakultas Teknik (F.T.) bersama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (F.K.I.P.), Universitas Syiah Kuala bersama Bank Mega Syariah mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Global Trend, Daya Saing dan Generasi 2045: Peran Unsyiah” bertempat di Ruang Auditorium FKIP Universitas Syiah Kuala. Kuliah Umum tersebut diisi oleh Prof. Dr. Muhammad Nuh, D.E.A., Guru Besar Teknik Elektro, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (I.T.S) Surabaya. Beliau pernah menjabat Menteri Komunikasi dan InformatikaIndonesia Periode 2007-2009 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Periode 2009-2014.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Syiah Kuala, Dr. Ir. Alfiansyah Y.B.C. Wakil Rektor III Unsyiah mengucapkan terima kasih kepada bapak Muhammad Nuh yang telah bersedia datang dan hadir memenuhi undangan dari Jurusan Teknik Elektro dan Komputer. Beliau mengharapkan seluruh mahasiswa yang hadir dapat mencermati dengan baik apa yang akan disampaikan oleh Prof. Dr. Muhammad Nuh, D.E.A. Hadir dalam kuliah umum ini Dekan Fakultas Teknik, Dekan FKIP, Direktur Pasca Sarjana, Kepala LPPM, sejumlah dosen Universitas Syiah Kuala, Kepala Bank Mega Syariah Regional Sumatera serta lebih kurang seratus orang mahasiswa dari beberapa program studi di lingkungan Jurusan Teknik Elektro dan Komputer khususnya dan program studi lainnya di lingkungan Universitas Syiah Kuala.

Pada awal kuliah umumnya, Prof. Dr. Muhammad Nuh, D.E.A. mengatakan bahwa generasi muda Indonesia harus mampu berpikir kreatif. Sebab, masyarakat dunia ke depan akan dikerumuni dan disaingi oleh orang-orang yang kreatif. Jika tidak mampu berpikir kreatif, maka kita akan menjadi aneh dan terasing sendiri dalam persaingan global, ujarnya. Selain itu, Guru Besar Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya tersebut mengajak para mahasiswa untuk selalu memiliki rasa percaya diri dan empati yang tinggi terhadap sesama. Ia berharap, generasi muda saat ini tidak berlaku zalim kepada masyarakat jika suatu saat nanti terpilih sebagai pemimpin di negeri ini. Kalau anak-anak Unsyiah menjadi pemimpin nanti, cobalah berperilaku bijak dan senantiasa lembut terhadap kaum dhuafa, ucap Prof. Dr. Muhammad Nuh, D.E.A. yang saat ini juga menjabat sebagai Komisaris Utama Bank Mega Syariah.

Adapun materi kuliah umum yang disampaikan oleh Prof. Dr. Muhammad Nuh, D.E.A. diantaranya adalah Global Trends: Demographic Changing, Technology and Innovation dan Global Trends Yang Paling Berpengaruh Dalam Bisnis 5 Tahun Mendatang, dan Pendidikan Sebagai Sistem Rekayasa Sosial Terbaik, Teruji dan Terbukti.

Di akhir kuliah umumnya, Nuh memberikan kunci sukses kepada mahasiswa Unsyiah. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus diamalkan mahasiswa apabila ingin menjadi sukses, yaitu jujur dan berkompetensi secara teknis. Mahasiswa juga harus menjadi seorang pembelajar sejati, berbakti kepada orang tua, dan gemar bersedekah. Khusus untuk mahasiswa muslim, perbanyaklah shalat malam dan shalawat kepada nabi, pungkasnya.

Kegiatan kuliah umum tersebut ditutup oleh Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. Pada acara penutupan tersebut, Rektor Unsyiah mengucapkan terima kasih kepada bapak Muhammad Nuh yang telah bersedia datang dan hadir memberikan kuliah umum kepada civitas akademika Universitas Syiah Kuala. Rektor Unsyiah juga mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia mengalami bonus demografi dengan banyaknya jumlah generasi yang berusia produktif. Hal ini merupakan modal dalam proses pembangunan Republik Indonesia dimasa mendatang. Rektor Unsyiah berpesan pada penutupan kegiatan kuliah umum tersebut “Jangan sampai bonus demografi tersebut berubah menjadi bom demografi. Jadi, kita harus benar-benar memiliki kapasitas diri dan skill”.

Kuliah umum ini diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama dengan seluruh peserta yang hadir. Acara ini terselenggara didukung oleh PT. Bank Mega Syariah.

Slide Presentasi Kuliah Tamu dapat didownload disini.