Karir dan Profesi Lulusan

Siapa yang tidak menggunakan komputer saat ini? Computing is part of everything we do ……….

careererDerasnya arus perkembangan teknologi komputasi global diawali oleh pengembangan perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang bermuara pada sistem komputer dan/atau sistem berbasis pada komputer. Pengembangan ini dimulai dari perkembangan sistem mikroprosessor, sistem embedded, sistem komunikasi, komputasi paralel dan terdistribusi, komputasi bergerak, komputasi pervasif, komputasi multimedia hingga mengarah pada sistem teknologi yang kompleks, seperti sistem pembangkit listrik dan sistem distribusi, serta sistem pengolahan dan monitoring pabrik-pabrik manufaktur modern yang hampir semuanya bergantung pada sistem komputer.

Sejumlah hal tersebut merupakan pertanda baik untuk karier lulusan yang sukses pada Program Studi Teknik Komputer. Hal tersebut telah menjadikan profesi lulusan Program Studi Teknik Komputer dapat bekerja di berbagai jenis lapangan pekerjaan yang terkait dengan penggunaan teknologi dan sistem komputasi. Tabel berikut menjelaskan profesi lulusan Program Studi Teknik Komputer plus deskripsinya.

 No Profesi Deskripsi
1. Karyawan Perusahaan Lulusan Teknik Komputer dapat meniti karir mulai dari level staf hingga tingkatan manajemen. Detail pemetaan profesi lulusan program studi Teknik Komputer (CE) APTIKOM (lihat disini).
2. Profesional Lulusan dapat berprofesi sebagai tenaga ahli professional (freelancer) yang siap bekerja dalam format pekerjaan berbasis proyek atau program, seperti: konsultan dan kontraktor yang merencanakan dan mengerjakan sejumlah project pengembangan infrastruktur sistem komputasi dan sistem komunikasi.
3. Wiraswasta Lulusan Teknik Komputer dapat berprofesi sebagai entrepreneur di bidang teknologi komputasi. Dengan kemampuan, kreativitas, dan inovasi yang dimilikinya Sarjana Teknik Komputer dapat membangun usaha secara mandiri dan berpeluang untuk menciptakan lapangan kerja untuk orang lain. APTIKOM merincikan bahwa terdapat ada 3 (tiga) jenis kategori yang dapat digeluti, yaitu
[a]. Pencipta dan/atau pengembang produk perangkat keras,
[b]. Pencipta dan/atau pengembang produk perangkat lunak,
[c]. Pencipta dan/atau penyedia jasa seperti: Internet Service Provider (ISP), Cloud Computing Service Provider, dll.
4. Birokrat Lulusan Teknik Komputer berpeluang menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pranata Komputer atau pegawai pemerintahan dimana peranan dan fungsi sesuai yang didefinisikan oleh negara, baik di tingkat pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun lembaga kenegaraan lainnya .
5. Akademisi Lulusan dapat memfokuskan diri untuk menjadi pengajar, dosen, atau peneliti di berbagai institusi pendidikan tinggi.