Sejarah Singkat: Program Studi Teknik Komputer

USK PSTEKKOM jpegUniversitas Syiah Kuala merupakan perguruan tinggi negeri “Jantong Hatee Rakyat Aceh“. Penamaan Universitas Syiah Kuala diambil dari nama seorang Ulama Besar (Mufti) Kerajaan Aceh pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1583 – 1636 M), yaitu Syech Abdur Rauf As-Sinkili (1615 – 1693 M). Menurut sejarah, beliau merupakan orang pertama yang mendirikan sekolah setara dengan pendidikan tinggi pada masa tersebut. Beliau terkenal dengan nama Teungku Syiah Kuala (bahasa Aceh, artinya Syech di Kuala atau Ulama di Kuala).

Sebagai sebuah perguruan tinggi yang telah berdiri sejak tahun 1961 dan terakreditasi A pada tahun 2015, Universitas Syiah Kuala memiliki visi, misi, tujuan, dan rencana strategis yang selaras dengan pengkinian perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Upaya yang dilakukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada Universitas Syiah Kuala salah satunya adalah dengan memperkaya dan memperluas bidang-bidang pendidikan dan keilmuan yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini. Salah satu tindakan dan wujud nyata tersebut adalah penyelenggaraan Program Studi Teknik Komputer pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

Penyelenggaraan Program Studi Teknik Komputer merupakan bagian dari pengkinian bidang keilmuan untuk menghadapi derasnya aliran perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta tingginya tingkat persaingan global. Penyelenggaraan Program Studi Teknik Komputer memiliki dasar yang kuat dan telah dipersiapkan jauh-jauh hari. Persiapan penyelenggaraan Program Studi Teknik Komputer telah dilakukan sejak tahun 2012 disaat Pimpinan Universitas dan Fakultas Teknik menjadikan program studi ini sebagai salah bagian dari rencana strategis untuk pengembangan bidang pendidikan dan keilmuan pada Universitas Syiah Kuala.

Sesuai dengan Rencana Strategis (RENSTRA) dan Masterplan Universitas Syiah Kuala 2012 – 2015, Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., mengeluarkan Surat Keputusan (S.K.) Nomor: 1661 Tahun 2014 tanggal 01 Desember 2014 tentang Penunjukkan Panitia Persiapan Pembukaan Program Studi Teknik Komputer pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. Penyelenggaraan Program Studi Teknik Komputer merupakan bagian dari pengembangan dan peningkatan bidang peminatan Teknik Komputer dan Informatika yang sebelumnya disebut Teknik Sistem Komputer pada Program Studi Teknik Elektro (PSTE), Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Syiah Kuala yang telah berdiri sejak tahun 1997 dan terakreditasi A pada tahun 2016. Pengembangan dan peningkatan bidang keahlian/peminatan tersebut menjadi sebuah program studi merupakan satu langkah strategis dalam upaya pengkinian program pendidikan dan keilmuan untuk menghadapi derasnya aliran teknologi dimasa mendatang dan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ditandai dengan munculnya revolusi industri 4.0.

Setelah melewati proses evaluasi yang sangat selektif akhirnya pada tanggal 20 Januari 2016, Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala mendapatkan izin penyelenggaraannya dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, sesuai dengan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 46/KPT/I/2016 Tanggal 20 Januari 2016. Berdasarkan Statuta Nomor 99 Tahun 2016 dan Struktur Organisasi dan Tata Kelola (SOTK) Universitas Syiah Kuala Nomor 48 Tahun 2015, Program Studi Teknik Komputer dikelompokkan menjadi salah satu program studi yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro dan Komputer, Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala.

Pada tahun akademik 2016/2017, Program Studi Teknik Komputer secara resmi menerima mahasiswa baru untuk pertama kalinya melalui tiga jalur penerimaan, yaitu: SNMPTN, SBMPTN dan UMB. Saat ini, Program Studi Teknik Komputer memiliki 3 (tiga) bidang peminatan (keahlian), yaitu: Sistem Embedded, Jaringan dan Sistem Terdistribusi, dan Teknologi Multimedia.